JETAK UTARA: BY HERRY SOGLENK


JETAK UTARA BY HERRY SOGLENK

Kamis, 10 Mei 2012

0
Komen

MEMBUAT FORM LOGIN DENGAN DELPHI 7


Sudah beberapa hari ini saya tidak kunjung update postingan blog karna banyaknya tugas – tugas dikampus yang diberikan oleh dosen.karna banyaknya tugas – tugas kuliah, terkadang dalam hati saya timbul pertanyaan, dosen – dosennya punya perasaan nggak ya terhadap mahasiswanya? Sebab rata- rata semua dosen pada ngebebanin tugas semua,dan yang lebih parah tugas – tugasnya itu rata – rata harus melakukan penelitian ke suatu perusahaan.wah jadi curhat nih..hehehhe..habis bingung mau curhat sama siapa… :)

Langsung ke pokok bahasan aja , sesuai dengan judul di atas “MEMBUAT FORM LOGIN DENGAN DELPHI 7” disini saya akan menuliskan sedikit script tentang cara membuat form login dengan menggunakan aplikasi Delphi ,versi yang saya gunakan disini yaitu versi 7..sebenarnya nggak jauh beda sih mau versi berapa juga asal programnya jalan aja.. :)
buat para pembaca yang lagi belajar atau lagi nyari – nyari tutorial tentang pemrograman Delphi,mungkin postingan ini bisa bermanfaat buat anda.ya meskipun hanya program sederhana.
Untuk pembuatannya silahkan telusuri langkah – langkah berikut :

1. Buka aplikasi Delphi yang anda gunakan dan buat lembar kerja baru dengan mengklik pada menu file > New > Form
2. Setelah muncul lebar kerja baru, letakkan dua buah label pada tab “standard” ke dalam form baru anda. Dan kemudian ubah nama label tersebut sesuai dengan keinginan anda.untuk mengubah nama label tersebut, klik tab “properties” > caption rubah nama label tersebut.
3. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut :




4. Setelah itu letakkan dua buah form Edit masih pada tab “standard” dimana anda mengambil label tadi,kemudian rubah nama dan caption label sesuai dengan keinginan anda. Misalnya untuk Edit1 “Enama” dan untuk Edit2 “Epassword”.
5. Kemudian masih pada tab yang sama,yaitu pada tab standard tadi, letakkan 2 buah button di bawah Form Edit tadi dengan merubah name dan captionnya..misalnya untuk button1 “Bsubmit” caption “Submit” dan untuk Button2 “Bbatal” caption “Batal”
Berikut contoh peletakan formnya



6. tombol LOGIN dan paste code berikut :

if (Enama.Text <> SOGLENK) or (EPassword.herry<> 'sauri') then
begin
MessageDlg('ID atau password salah', MTWarning, [MBOK], 0);
Exit;
end;
FormStok.Show
end;
7. sekarang coba anda jalankan form yang sudah anda buat tadi..berhasil kan? :)


note : untuk baris yang berwarna merah diatas, silahkan anda rubah sesuai degan nama form,user dan password yang anda inginkan.
FormStok.show berfungsi jika password dan username yang anda inputkan benar,maka tampil Form stok. Silahkan anda rubah sesuai dengan nama Form anda.


HERRY SOGLENK^_^

0 rubah perkataan:

Posting Komentar

Copyright© All Rights Reserved Jupenu.blogspot.com
JETAK-PACIRAN-by HERRY